Ular Phyton
Ular Phyton

Ular Phyton

Diposting pada

Ular Phyton – Hai semua, kembali lagi bersama kami Reptilneisa.com. Website yang membahas berbagai jenis hewan reptil, kali ini kami akan membahas mengenai jenis ular phyton yang banyak dipelihara.Ular phyton memang selalu menarik di mata para penggemarnya.

Ular Phyton
Ular Phyton

Tidak seperti ular lain yang menunjukkan sisi agresifnya, ular phyton terkenal tenang, kalem, namun mematikan. Ukurannya yang fantastis dan indahnya motif pada phyton menjadi alasan mengapa saat ini banyak sekali yang memilih ular phyton sebagai hewan peliharaan.

Phyton sendiri memiliki banyak jenis. Jenis-jenis ular phyton di Indonesia termasuk sangat beragam. Mulai dari phyton ball phyton, phyton albino, phyton retic, dan phyton Burma. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis tersebut.

 Ular Phyton

 

Ular Phyton Ball Phyton

Jenis yang pertama adalah ball phyton. Jenis ini menjadi salah satu phyton yang paling banyak dijadikan hewan peliharaan karena bentuknya yang kecil dan cenderung tidak berbahaya. Phyton jenis ini sejak masih bayi sudah jinak, jadi cocok bagi pemula yang ingin memelihara ular pyton.

Untuk seekor ball phyton ukuran dewasa, panjangnya tidak lebih dari 10 sampai 12 cm saja. Sebutan ball phyton sendiri muncul karena ular ini cenderung melingkarkan diri membentuk lingkaran bola (ball) jika sedang merasa tidak nyaman.

Sedangkan untuk motif kulitnya, ular phyton ball phyton memiliki kombinasi warna hitam gelap sebagai dasar, dan cokelat untuk motif bercak yang menghiasinya.

Foto Ular Phyton

Ular Phyton
Ular Phyton

 

Ular Phyton
Ular Phyton

Ular Piton Albino

Daftar kedua dalam jenis-jenis ular phyton adalah ular piton albino. Ular phyton jenis ini sebenarnya adalah mutasi genetik dari ball phyton.Phyton albino pertama kali di produksi oleh peternak reptil Bob Clark yang menghasilkan phyton dengan pigmen warna kulit cerah.

Saat ini, ada dua varian phyton albino yang bisa ditemukan yaitu, albino dengan kombinasi warna putih cerah dan kuning, juga lavender dan kuning.Yang paling menonjol dari phyton albino adalah warna kuningnya yang cenderung keemasan dan mengkilat.

Mungkin ini yang menjadikan phyton albino sebagai salah satu ular tercantik di dunia. Jadi tak heran jika harganya sangat fantastis, banyak penghobi ular pyton mejadikan ular ini sebagai ajang kontes.

Foto Ular Phyton

Ular Phyton
Ular Phyton

 

Ular Phyton
Ular Phyton

 Baca Juga : Ular Cobra Terbesar Didunia

Ular Phyton Retic

Di urutan selanjutnya adalah ular phyton retics atau yang lebih dikenal dengan sanca kembang. Ular ini dapat ditemui hampir di setiap pulau di Indonesia meliputi Sumatra hingga Maluku.

Phyton retics sendiri dinobatkan sebagai ular terpanjang di dunia setelah ditemukannya phyton retics dengan panjang hampir 8 meter, lebih panjang daripada anakonda, ular terpanjang dari Amerika Selatan.

Ciri-ciri fisik phyton retic cenderung mudah dikenali dan berbeda dari jenis-jenis ular phyton lain, yaitu adanya motif seperti bunga (kembang) yang menutupi sekujur tubuhnya.

Foto Ular Phyton

Ular Phyton
Ular Phyton

 

Ular Phyton
Ular Phyton

Ular Phyton Burma

Yang terakhir adalah jenis ular phyton burma, atau sanca sanca bodo. tidak seperti sanca kembang yang ukurannya bisa mencapai 8 meter, phyton burma hanya mampu tumbuh antara 3 hingga 6 meter saja.

kebanyakan phyton burma hanya sanggup tumbuh maksimal 5 meter. Sedangkan beratnya, seekor phyton burma bisa mencapai berat tubuh 160 kg saat dewasa. Motif pada kulit phyton burma ini juga unik. Biasanya, Ular phyton burma memiliki warna dasar cokelat muda dengan motif tidak beraturan berwarna cokelat gelap.

Foto Ular Phyton

Ular Phyton
Ular Phyton

 

Ular Phyton
Ular Phyton

Baca Juga : Daftar Harga ular sanca terbaru 2019

Harga Ular Piton

Harga Ular Piton Harga Per Ekor
Ular Piton Albino 35cm Rp1.500.000
Ulra Phyton Burma 35cm Rp350.000
Ular Phyton Ball Phyton 35cm Rp360.000
Ular Phyton Sanca Kembang 35cm Rp370.000

 

Demikian informasi mengenai jenis ular phyton yang bisa Anda ketahui. Meskipun jenis tersebut sudah dipelihara, sebaiknya memilih phyton dengan peliharaan mudah terlebih dahulu jika Anda mau mencobanya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *