Perbedaan Katak dan Kodok
Perbedaan Katak dan Kodok

Perbedaan Katak dan Kodok

Diposting pada

Perbedaan Katak dan Kodok – Hai semua, kembali lagi di website kita tercinta Reptilnesia.com . Nah kali ini kami akan membahas tentang perbedaan katak dan kodok. Siapa sih yang tidak tahu katak dan kodok yang sering kita temukan di sekitar rumah. Masyarakat Indonesia terkadang masih salah dalam mebedakan kedua hewan ini. Ya, ini karena katan dan kodok merupakan dua hewan yang mirip tetapi berbeda jenis.

Katak dan kodok merupakan salah satu jenis hewan amfibi yang bisa hidup di darat dan air. Kulit dari kedua hewan ini sangat mengerikan menurut admin. Ya saya sendiri sangat merasa geli kita melihat kedua hewan ini. Ini karena menurut saya kulit dari katak dan kodok sangat menjijikan. Mungkin banyak dari kalian yang sepemikiran dengan saya. Nah berikut ini beberapa perbedaan katak dan kodok yang bisa admin jabarkan.

Perbedaan Katak dan Kodok

Perbedaan Katak dan Kodok
Perbedaan Katak dan Kodok

1. Perbedaan Klasifikasi Katak dan Kodok

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Amphibia
Ordo: Anura
Famili: Ranidae
Genus: Fejervarya
Spesies: F. cancrivora

Secara klasifikasi kodok dan katak hampir sama. Yang membedakan pada spesiesnya, jumlah katak dan kodok sekitar 5.000 spesies. Katak dan kodok bisa ditemukan diberbagai penjuru dunia, bahkan di negara dengan musim dingin.

Gambar Katak
Gambar Katak

2. Perbedaan Morfologi Katak dan Kodok

  • Kulit Katak dan Kodok :

Katak : Perbedaan yang pertama terletak pada bagian kulit. Katak memiliki kulit yang halus dan cenderung lembap. Selain itu, kulit katak berlendir dan terlihat berair. Warna kulit katak lebih bervariasi, mulai dari hijau, kuning, abu-abu, cokelat, biru, dan merah.

Kodok: Untuk kulit kodok pada umumnya kasar, berbintil-bintil dan kering. Karena itu, kodok dapat bertahan lebih lama di tempat yang kering. Sebagian besar spesies kodok berwarna coklat dan hitam. Kodok memiliki tekstur kulit kasar agar lebih bertahan lama di daerah kering.

Gambar Kodok
Gambar Kodok
  • Tubuh Katak dan Kodok :

Katak : Perbedaan katak dan kodok selanjutnya bisa kita ketahui dengan melihat bentuk tubuhnya. Katak sebagian besar memiliki tubuh ramping dan memanjang. Tubuh katak yang atletis berguna untuk lompat dari pohon ke pohon.

Kodok : Kodok memiliki tubuh yang terlihat bulat dan berisi. Perut kodok lebih terlihat besar dengan kepala terlihat lebih kecil. Kodok lebih banyak berdiam diri dan tidak terlalu lincah dibandingkan katak.

Katak Lompat
Katak Lompat
  • Kaki Katak dan Kodok :

Katak : Ukuran kaki katak lebih panjang dan ramping dari pada kodok. Selain itu, pada ujung jari – jari katak terdapat selaput yang berguna untuk menempel pada pohon dan berebang. Kaki katak yang panjang memudahkannya untuk lompat lebih jauh.

Kodok : Sedangkan perbedaan kaki kodok lebih pendek dan terlihat lebih besar. Pada ujung jari kaki kodok tidak terdapat selaput sebesar katak, tetapi kodok memiliki kuku kecil. Ini memudahkan kodok untuk berjalan dan melompat.

Kaki Katak
Kaki Katak
  • Cara Begerak Katak dan Kodok :

Katak : Perbedaan katak dan kodok sangat terlihat dari cara bergeraknya. Katak memiliki kaki panjang yang berguna untuk melompat lebih jauh dibandingkan kodok. Katak juga jarang sekali terlihat berjalan di darat dibandingkan kodok.

Kodok : Kodok lebih suka berjalan dan lompat dengan jarak tidak terlalu jauh dibandingkan katak. Selain itu kodok juga lebih sering terlihat berenang dan menggali tanah dibandingkan katak yang suka melulompat dari pohon ke pohon.

Sushi Katak
Sushi Katak
  • Racun Katak dan Kodok :

Katak : Di Jepang, katak merupakan salah satu makanan favorit dan memiliki harga yang lumayan mahal. Katak tidak memiliki racun dan bisa dikonsumsi dengan cara dimasak dan dimakan hidup – hidup. Katak memiliki protein tinggi dan rasanya enak.

Kodok : Beda dengan saudara kembarnya, kodok memiliki racun dibagian kulitnya. Hal ini yang membuat kodok tidak bisa dikonsumsi. Ada beberapa jenis kodok yang memiliki racun berbahaya dan bisa membunuh manusia jika mengkonsumsinya.

Katak Sawah
Katak Sawah

3. Habitat Katak dan Kodok

Katak : Perbedaan yang paling jelas adalah katak dan kodok adalah habitatnya. Katak lebih banyak ditemukan di daerah dengan suhu lembab dan terdapat banyak air. Katak hidup di pohon, sawah, hutan, sungai, dan rawa.

Kodok : Sedangkan habitat kodok adalah tanah yang tidak terlalu basah dan kering. Ada juga beberapa jenis kodok yang bisa hidup di daerah kering dengan curah hujan rendah. Kodok paling banyak kita temukan di sekitar rumah, apa lagi jika musim hujan datang.

Telur Katak
Telur Katak

4. Cara Berkembangbiak Katak dan Kodok

Katak : Cara berkembang biak katak dengan cara ovipar atau bertelur. Sebagian besar spesies katak ditemukan bertelur di dedaunan dan pepohonan. Tetapi ada juga jenis katak yang bertelur di air. Jumlah telur katak tidak sebanyak kodok.

Kodok : Cara berkembang biak kodok juga sama, yaitu bertelur. Kodok bertelur di air dengan jumlah telur ratusan hingga ribuan. Kodok akan berkembang biak dimusim hujan. Perbedaan katak dengan kodok secara anatomi ini sudah sangat beda.

Nah itulah beberapa perbedaan katak dan kodok secara morfologi dan anatamoi. Bagaimana, sudah tidak bingung lagi buka untuk membedakan katak dan kodok. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam membedakan katak dan kodok. Kami mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian kata. Terimakasih sudah mengunjungi website kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *