Kandang Iguana
Kandang Iguana

Kandang Iguana

Diposting pada

Kandang Iguana – Hai semua, kembali lagi ke website kita tercinta Reptilnesia.com. Kali ini kami akan membahas tentang beberapa macam kandang iguana, faktor pertama kali dan paling penting dalam memelihara iguana adalah kandangnya. Jika Anda ingin memelihara iguana, ada baiknya Anda menyiapkan kandangnya terlebih dahulu sebelum membawa iguana pulang ke rumah.

Saat ini, paling tidak ada tiga tipe kandang iguana yang banyak dijadikan referensi oleh para pemilik yaitu, model outdoor, kandang untuk iguana baby, dan model aquarium. Ketiga model kandang tersebut disesuaikan dengan umur, ukuran dan kebutuhan habitat iguana yang merupakan reptil berdarah dingin. Lalu seperti apa penjelasan mengenai ketiganya, berikut adalah detailnya.

Kandang Iguana
Kandang Iguana

 

Kandang Iguana Outdoor

Yang pertama adalah kandang iguana outdoor. kandang iguana tipe ini, sesuai namanya terletak di luar ruangan. Yang terpenting untuk diperhatikan dari model kandang ini adalah pencahayaan. Iguana bisa sangat sensitif terhadap suhu di sekitarnya.

Jadi jika Anda ingin membuat kandang outdoor, ada baiknya Anda memastikan ada sisi kandang yang terkena matahari, dan ada sisi kandang yang berada di dalam bayang-bayang. Untuk material kandang bisa disesuaikan. Anda bisa membuat kandang dari kayu dengan kawat ram sebagai tutupnya.

Kandang Iguana Outdoor
Kandang Iguana Outdoor

Jangan kup untuk membangun habitat iguana senatural mungkin di dalam kandang. Perhatikan juga ukuran iguana, iguana yang sudah berumur 3 tahun diameternya bisa mencapai 2 – 3 meter, jadi buatlah kandang yang lebih besar dari ukuran iguana.  agar iguana lebih leluasa bergerak makan dan minum.

Kandang Iguana Aquarium

Tipe kandang iguana aquarium cocok untuk jenis iguana yang berukuran sedang anda juga bisa menjadikan kandang iguana ini sebagai hiasan di ruang tamu ataupun dikamar, apalagi kalau iguananya memiliki warna yang cantik pasti akan terlihat bagus.

Untuk bisa membuat kandang tipe ini langkahnya cukup mudah. Anda hanya memerlukan aquarium sebagai bahan pokoknya. Usahakan untuk memilih aquarium dengan luas yang cukup bagi iguana untuk bergerak. Selanjutnya, Anda juga perlu menyiapkan kawat ram sebagai penutupnya.

Kandang Iguana Aquarium
Kandang Iguana Aquarium

Untuk alas kandang, Anda bisa menggunakan lapisan koran terlebih dahulu. Setelah itu, taburkan serbuk gergaji yang berfungsi sebagai tempat rembesan kotoran dan urine iguana. Dengan begitu, kegiatan membersihkan kandang menjadi lebih mudah. Jangan lupa untuk memberikan penyinaran bantuan seperti lampu UV jika dibutuhkan.

BACA JUGA : Harga Iguana Terbaru dan Terlengkap 2019

Kandang Iguana Ternak

Nah bagi kalian yang ingin beternak iguana, hal yang perlu diperhatikan adalah kandang, mengapa demikian? karna sudah saya jelaskan sebelumnya iguana yang akan diternak harus sudah dewasa dan iguana dewasa memiliki ukuran yang cukup panjang antara 2-3 meter.

Minimal untuk membuat kandang iguana ternak sekita 5-6 meter perlu diperhatikan juga untuk tempat minum karna jika sudah masa akan berlur iguana betina akan membutuhakan air minum yang lebih agar tidak dehidrasi, dan juga persiapkan sebuah kubahan pasir untuk bertelur iguana betina.

Kandang Iguana Ternak
Kandang Iguana Ternak

Kandang Iguana Baby

kandang selanjutnya adalah kandang iguana baby. Kandang ini lebih dikhususkan sebagai kandang awal iguana yang belum memasuki umur dewasa. Umumnya, iguana lebih agresif saat masih muda sekaligus sangat rentan terhadap perubahan iklim dan habitat.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat kandangnya. Untuk material dasarnya, Anda bisa menggunakan kandang yang berventilasi atau aquarium dengan perkiraan lebar yang mencukupi iguana bebas bergerak. Untuk alasnya, sangat disarankan untuk menghindari material yang mudah tertelan oleh iguana. Sebagai informasi, iguana akan mendeteksi makanan dengan menggunakan lidahnya.

Kandang Iguana Baby
Kandang Iguana Baby

Jadi usahakan untuk tidak menggunakan material kecil seperti kerikil,  pasir kucing, atau serbuk gergaji. Anda bisa menggunakan alas koran terlebih dahulu dalam tahap ini. Jangan lupa pula untuk menyediakan air bersih di dalam kandang sebagai tempat minum dan berendam. Untuk pencahayaan kandang iguana ini, Anda bisa mencoba untuk menjemur iguana baby di bawah sinar matahari langsung.

BACA JUGA : Cara Memilih dan Merawat Iguana

Itulah beberapa macam kandang iguana.Bagaimana, sudah tidak bingung lagi kan bagaimana cara membuat kandang iguana. Demikian informasi mengenai kandang iguana yang bisa Anda jadikan rujukan. Memelihara iguana memang membutuhkan ketelatenan karena hewan ini tergolong sangat sensitif. Semoga bermanfaat.Terima kasih sudah mengunjungi website kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *