Habitat Kura-Kura
Habitat Kura-Kura

Habitat Kura-Kura

Diposting pada

Habitat Kura-Kura – Hai semuanya, kali ini website Reptilnesia.com akan membahas mengenai habitat kura-kura. Siapa yang tidak mengenal kura-kura? Hewan ini termasuk dalam golongan reptile. Kura-kura memiliki karakteristik unik seperti empat kaki yang bersisik dan tempurung di punggungnya yang keras.

Habitat kura-kura terbilang bervariasi. Tapi banyak yang belum tau tentang asal usul jenis dan habitat jura-kura yang ada didunia, kura-kura dapat hidup di darat dan di air.

Di Indonesia, hewan ini dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu penyu (sea turtles), bulus (freshwater turtles) dan kura-kura (tortoises). Kura-kura dibedakan lagi menjadi dua yaitu kura-kura darat (land tortoises) dan kura-kura air tawar (freshair tortoises)

Habitat Kura-Kura Brazil

Habitat Kura-Kura Brazil
Habitat Kura-Kura Brazil

Habitat kura-kura yang satu ini adalah di air. Jika Anda hendak memeliharanya, lebih baik siapkan akuarium atau kolam yang dirancang khusus untuk kura-kura ini.

Habitat kura-kura brazil yang Anda ciptakan harus selalu dalam keadaan yang bersih karena hewan ini bisa mudah terkena penyakit karena mereka membuang kotoran di dalam air.

Oleh karena itu, disarankan sebaiknya menggunakan akuarium karena akan lebih mudah dikuras. Kura-kura brazil adalah hewan omnivore yang bisa memakan apa saja.

Buah, sayur, daging, serangga, cacing dapat mereka konsumsi. Kura-kura brazil banyak sekali dijual di pasaran karena perkembangbiakannya terbilang mudah sehingga banyak orang yang menangkarnya.

 

Habitat Kura-Kura Ambon

Habitat Kura-Kura Ambon
Habitat Kura-Kura Ambon

Kura-Kura atau yang disebut juga Cuora amboinensis, Habitat kura-kura ini banyak ditemukan di sekitar rawa-rawa, sawah, dan lingkungan sungai kecil maupun sungai besar.

Hewan ini ternasuk hewan omnivora, pemakan daging danĀ  tumbuhan. tetapi mereka lebih memakan tumbuhan dibanding daging seperti ikan-ikan keci.

Di habitat kura-kura ambon walaupun mereka tergolong kura-kura air, tetapi lebih sering menepi ke daratan untuk berjemur dan sesekali masuk ke dalam air untuk mencari makan.

Jika kalian ingin memelihara kura-kura ini sebaiknya yang masih kecil karena perawatannya yang cukup mudah tinggal memberi makan tepat waktu dan membersihkan kandang kura-kura.

Baca Juga : Kura-Kura Terbesar Didunia

 

Habitat Kura-Kura Daun

Habitat Kura-Kura Daun
Habitat Kura-Kura Daun

Kura-Kura air tawar yang banyak di pelihara salah satunya kura-kura daun, kura-kura ini banyak ditemukan di indonesia seperti jawa, kalimantan dan bali.

Sedangkan habitat kura-kura ini banyak ditemui di sawah, sungai. Ciri-Citi dari kura-kura ini memiliki warna coklat ddan memiliki gerigi di area cangkangnya.

Selain itu banyak orang memburu hewan ini untuk dijadikan makanan, namun belum ada undang-undang mengenai perlindungan kura-kura daun. Namun, bagi para pecinta reptil hewan ini dijadikan sebagai hewan peliharaan karena bentuk dan warna coraknya yang sangat cantik.

Baca Juga : Harga Kura-Kura Terbaru 2019

 

Habitat Kura-Kura Dada Merah

Habitat Kura-Kura Dada Merah
Habitat Kura-Kura Dada Merah

Habitat kura-kura dada merah di alam bebas sepenuhnya berada di dalam air. Sesekali ke daratan untuk bertelur atau berkembang biak. Jenis kura-kura ini paling gampang untuk dipelihara di Indonesia.

Dengan corak dan motif tempurung yang sangat beragam, kura-kura ini begitu menarik untuk dijadikan hewan peliharaan.

Habitat kura-kura ini juga terbilang mudah diciptakan. Makanannya pun tidak sulit dicari. Kura-kuradada merah adalah hewan karnivora pemakanan ikann -ikan kecil, udang, dan cacing.

Jika anda memelihara kura-kura dada merah perhatikan kebersihan dengan baik karena kura-kura rawan ditumbuhi jamur pada tempurungnya. Pemberian pakan juga tidak terlalu sulit.

 

Habitat Kura-Kura Emys

Habitat Kura-Kura Emys
Habitat Kura-Kura Emys

Kura-kura emys atau biasa disebut dengan kura-kura kaki gajah merupakan jenis kura-kura darat yang terbesar di wilayah asia. Habitat kura-kura emys ini adalah sebagian besar di darat, namun ia tetap membutuhkan kolam untuk tempat berendam.

Jika Anda hendak memelihara kura-kura emys, buatlah kolam dangkal yang bisa dipakai berendam ketika panas menyengat. Karena merupakan jenis kura-kura terbesar, beratnya bisa mencapai 20kg.

makanan favoritenya adalah daun dan batang talas karena ia merupakan herbivore. Memelihara kura-kura bisa dikatakan mudah. Tidak membutuhkan perawatan yang intensif dan biaya yang banyak. Anda hanya harus menciptakan habitat kura-kura yang sesuai dengan habitat aslinya agar ia dapat tumbuh dengan baik dan maksimal.

 

Habitat Kura-Kura Paruh bebet

Habitat Kura-Kura Paruh Bebet
Habitat Kura-Kura Paruh Bebet

Paruh bebet atau disebut juga Leucocephalon yuwonoi memang terbilang cukup langka, karena populasinya dihutan semakin berkurang.

Hewan ini hanya ada di sulawesi dan tidak ada di daerah lain, habitat kura-kura paruh bebet adalah dihutan sulawesi dan berpindah ke dalam air hanya untuk berkembang biak dan beristirahat.

Ciri-Ciri kura-kura ini memiliki tempurung yang berwarna coklat, ukuran kura-kura ini tidak terlalu besar 29-32 cm untuk ukuran jantan, 18-25 untuk ukuran betina. Kura-Kura paruh bebet termasuk hewan diuknal menghabiskan waktunya hanya pada siang hari.

 

Habitat Kura-Kura Moncong Babi

Habitat Kura-Kura Moncong Babi
Habitat Kura-Kura Moncong Babi

Kura-Kura moncong babi termasuk satwa indonesia yang banyak diburu dan diperjualbelikan, akibatnya populasinya semakin sedikit di indonesia. Banyak juga yang diselundupkan ke luar negeri ini untuk dijadikan makanan karena harganya yang lumayan mahal.

Habitat kura-kura ini berada sepenuhnya berada di dalam air, udang dan ikan-ikan kecil termasuk makanan dari moncong babi ini.

Jika kalian menemukan kura-kura ini di sungai sebaiknya jangan di ambil karena menjaga populasinya yang semakin sedikit, selain itu moncong babi sebenarnya berbahaya moncongnya yang seperti babi dapat menggit jari sampai putus.

Itulah beberapa informasi mengenai habitat kura-kura, terima kasih telah mengunjungi website kami. Semoga bermannfaat dan jangan lupa share agar orang disekitar anda mengetahui tentang jenis dan habitat kura-kura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *